PTK IPA SD Kelas 3 (BAB V)

 

c23 logo beveled copy_thumb

BAB V

SIMPULAN DAN SARAN

 

5.1.       Simpulan

Berdasarkan  hasil  penelitian,  maka  dapat  disimpulkan  bahwa penerapan  Metode  kontekstual  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  IPA materi pengelompokan mahluk hidup pada siswa kelas 3 MI Dayeuhdatar Desa Lumbungari Kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis.  Pembelajaran  dengan Metode Kontekstual  dilaksanakan dengan  memperhatikan  beberapa hal diantaranya  penyiapan bahan ajar  dan persiapan  yang matang, pengelolaan kelas  yang  baik,  perhatian  guru  yang  bervariasi  sesuai  dengan  kebutuhan siswa,  jumlah  media/  alat  yang  cukup,  dan  metode  pembelajaran  yang sesuai/ sejalan dengan Metode ini.

Pembelajaran  dengan  menggunakan  Metode  Kontekstual  ini membutuhkan persiapan mengajar dan manajemen waktu dan kelas dengan baik  guna  mencapai efektivitas  hasil pada  setiap aktivitas  pembelajaran  di kelas.

Pembelajaran  IPA dengan  Metode  Kontekstual dapat meningkatkan  pemahaman  konsep  IPA  pada siswa  dan  membuat pembelajaran lebih aktif dan menarik serta Metode Kontekstual memberi pengalaman belajar yang mengesankan pada siswa.

 

5.2.       Saran

1) Saran bagi guru

Untuk mencapai hasil yang maksimal, seorang guru dalam mengajar IPA sebaiknya dengan menggunakan Metode Kontekstual;

2) Saran bagi sekolah

Pihak  sekolah  hendaknya  menyediakan  sarana  dan  prasarana  yang menunjang proses pembelajaran seperti media pembelajaran, buku-buku penunjang dan peralatan teknologi informasi yang memadai.


 

DAFTAR PUSTAKA

 

Arikunto, S. 1998.  Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan .Jakarta : Bumi Aksara

Dimyati dan Mudjiono. 1999.  Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: Rineka Cipta

http://www.contextual.org.id

http://teoripembelajaran.blogspot.com

Mulyani S, Johar Permana. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV. Maulana

Soli A, 2008.  Strategi Pembelajaran . Jakarta: Dirjen Dikti, Depdiknas

Sularmi,  2008. Sains  Ilmu  Pengetahuan  Alam  Kelas  3  SD/MI .  Jakarta:  Pusat Perbukuan Depdiknas

Usman,  Moh.  Uzer.  2001. Menjadi  Guru  Profesional.  Bandung :  Remaja Rosdakarya


LEMBAR PENGESAHAN

clip_image011_thumb

1.        Judul Penelitian               :    Penerapan Metode Kontekstual pada Siswa Kelas 3 MI Dayeuhdatar Desa Lumbungsari Kecamatan Lumbung yang Mengalami Masalah Mata Pelajaran IPA Materi Pengelompokan Mahluk Hidup.

2.        Tempat Penelitian            : Kelas 3 MI Dayeuhdatar Desa Lumbungsari Kecamatan Lumbung.

3.        Pembuat Laporan/ Peneliti    :

Nama                               :    Tati Rohayati, S.Pd.I.

NIP.                                 :    19710310 200312 2 002    

 

 

Lumbung,  November 2012

Penyusun/ Peneliti,

 

 

 

Tati Rohayati, S.Pd.I.

NIP. 19710310 200312 2 002

 

Mengetahui/ Mengesahkan :

    Pengawas Pendidikan Agama Islam                  Kepala MI Dayeuhdatar

               Kecamatan Lumbung,                                 Desa Lumbungsari,

 

 

 

                   Dedi A. Hidayat                                    Ikah Atikah, S.Pd.I.

         NIP. 19580813 199103 1 010                   NIP. 19680312 198903 2 003


 

KATA PENGANTAR

 

Segala puji dan syukur dipanjatkan kehadirat Alloh SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahNya khususnya kepada penyusun, sehingga dapat menyelesaikan Laporan Penelitian Tindakan Kelas dengan judul “Penerapan Metode Kontekstual pada Siswa Kelas 3 MI Dayeuhdatar Desa Lumbungsari Kecamatan Lumbung yang Mengalami Masalah Mata Pelajaran IPA Materi Pengelompokan Mahluk Hidup"

Laporan Penelitian Tindakan Kelas ini tersusun berkat kerja keras penyusun yang dibantu oleh banyak pihak. Oleh karena itu penyusun menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya terutama kepada:

1.        Keluarga penulis yang telah banyak membantu moril juga materil;

2.        Ikah Atikah, S.Pd.I. selaku Kepala MI Dayeuhdatar Desa Lumbungsari Kecamatan Lumbung;

3.        Siswa Kelas 3 khususnya dan Siswa MI Dayeuhdatar Desa Lumbungsari Kecamatan Lumbung pada umumnya.

Penulis sangat menyadari bahwa Laporan Penelitian Tindakan Kelas ini sangat jauh dari sempurna, baik dari segi materi ataupun cara penyampaianya. Hal ini semata terjadi karena keterbatasan dan kekurangan penyusun. Maka dari itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak demi perbaikan kedepanya.

Akhir dari semua proses penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas ini penyusun berharap agar semua ini ada manfaatnya dan dapat dimanfaatkan oleh kita semua sebagaimana mestinya.

 

 

 

Lumbung, 2012

Penyusun


 

DAFTAR ISI

 

Halaman

LEMBAR PENGESAHAN ........................................................................       i

KATA PENGANTAR ................................................................................      ii

DAFTAR ISI  ..............................................................................................      iii

BAB       I   PENDAHULUAN  ..................................................................      1

1.1         Latar Belakang Masalah    ...............................................      1

1.2         Rumusan Masalah  ...........................................................      3

1.3         Tujuan Penelitian .............................................................      3

1.4         Manfaat Penelitian  ..........................................................      4

1.5         Batasan Masalah ..............................................................      5

BAB     II   KAJIAN PUSTAKA ................................................................      6

2.1         Hakikat IPA  ....................................................................      6

2.2         Proses Belajar Mengajar IPA   .........................................      7

2.3         Prestasi Belajar IPA   .......................................................      8

2.4         Metode Kontekstual     ....................................................      8

2.5         Penelitian Tindakan Kelas  ..............................................     10

2.6         Pengelompokan Mahluk Hidup  ......................................     11

2.6.1. Pengelompokan Hewan    .......................................     11

2.6.2. Pengelompokan Tumbuhan   ..................................     14

BAB    III   METODE PENELITIAN .........................................................     16

3.1.       Subyek Penelitian  ...........................................................     16

3.2.       Rancangan Penelitian   .....................................................     16

3.2.1   Siklus Penelitian    ..................................................     18

3.2.2   Pengumpulan Data  ................................................     19

3.2.3   Teknik Analisa Data .............................................       19

3.3.       Instrumen Penelitian ........................................................     21

BAB    IV   HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN .......................     22

4.1.       Analisa Data Penelitian Persiklus  ...................................     22

4.2.       Pembahasan  ....................................................................     28

BAB     V   SIMPULAN DAN SARAN .....................................................     30

5.1.       Simpulan  .........................................................................     30

5.2.       Saran  ...............................................................................     30

DAFTAR PUSTAKA  ................................................................................     31

LAMPIRAN-LAMPIRAN


 

 

clip_image013_thumb

 

 

 

PENERAPAN METODE KONTEKSTUAL

PADA SISWA KELAS 3 MI DAYEUHDATAR

DESA LUMBUNGSARI KECAMATAN LUMBUNG

YANG MENGALAMI MASALAH

MATA PELAJARAN IPA

MATERI PENGELOMPOKAN MAHLUK HIDUP

 

 

 

 

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

 

 

 

Disusun oleh:

TATI ROHAYATI, S.Pd.I.

NIP. 19710310 200312 2 002

 

 

 

 

 

 

 

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA

MADRASAH IBTIDAIYAH DAYEUHDATAR

DESA LUMBUNGSARI KECAMATAN LUMBUNG

TAHUN 2012

PTK IPA SD Kelas 3_thumb

Tidak ada komentar:

 

Statistik Blog

Artikel Terbaru

Copyright © 2012. still CORNER 23 - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz