BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
5.1. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pengelompokan mahluk hidup pada siswa kelas 3 MI Dayeuhdatar Desa Lumbungari Kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis. Pembelajaran dengan Metode Kontekstual dilaksanakan dengan memperhatikan beberapa hal diantaranya penyiapan bahan ajar dan persiapan yang matang, pengelolaan kelas yang baik, perhatian guru yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan siswa, jumlah media/ alat yang cukup, dan metode pembelajaran yang sesuai/ sejalan dengan Metode ini.
Pembelajaran dengan menggunakan Metode Kontekstual ini membutuhkan persiapan mengajar dan manajemen waktu dan kelas dengan baik guna mencapai efektivitas hasil pada setiap aktivitas pembelajaran di kelas.
Pembelajaran IPA dengan Metode Kontekstual dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA pada siswa dan membuat pembelajaran lebih aktif dan menarik serta Metode Kontekstual memberi pengalaman belajar yang mengesankan pada siswa.
5.2. Saran
1) Saran bagi guru
Untuk mencapai hasil yang maksimal, seorang guru dalam mengajar IPA sebaiknya dengan menggunakan Metode Kontekstual;
2) Saran bagi sekolah
Pihak sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran seperti media pembelajaran, buku-buku penunjang dan peralatan teknologi informasi yang memadai.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. 1998. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan .Jakarta : Bumi Aksara
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: Rineka Cipta
http://www.contextual.org.id
http://teoripembelajaran.blogspot.com
Mulyani S, Johar Permana. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV. Maulana
Soli A, 2008. Strategi Pembelajaran . Jakarta: Dirjen Dikti, Depdiknas
Sularmi, 2008. Sains Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 3 SD/MI . Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya
LEMBAR PENGESAHAN
1. Judul Penelitian : Penerapan Metode Kontekstual pada Siswa Kelas 3 MI Dayeuhdatar Desa Lumbungsari Kecamatan Lumbung yang Mengalami Masalah Mata Pelajaran IPA Materi Pengelompokan Mahluk Hidup.
2. Tempat Penelitian : Kelas 3 MI Dayeuhdatar Desa Lumbungsari Kecamatan Lumbung.
3. Pembuat Laporan/ Peneliti :
Nama : Tati Rohayati, S.Pd.I.
NIP. : 19710310 200312 2 002
Lumbung, November 2012
Penyusun/ Peneliti,
Tati Rohayati, S.Pd.I.
NIP. 19710310 200312 2 002
Mengetahui/ Mengesahkan :
Pengawas Pendidikan Agama Islam Kepala MI Dayeuhdatar
Kecamatan Lumbung, Desa Lumbungsari,
Dedi A. Hidayat Ikah Atikah, S.Pd.I.
NIP. 19580813 199103 1 010 NIP. 19680312 198903 2 003
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur dipanjatkan kehadirat Alloh SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahNya khususnya kepada penyusun, sehingga dapat menyelesaikan Laporan Penelitian Tindakan Kelas dengan judul “Penerapan Metode Kontekstual pada Siswa Kelas 3 MI Dayeuhdatar Desa Lumbungsari Kecamatan Lumbung yang Mengalami Masalah Mata Pelajaran IPA Materi Pengelompokan Mahluk Hidup"
Laporan Penelitian Tindakan Kelas ini tersusun berkat kerja keras penyusun yang dibantu oleh banyak pihak. Oleh karena itu penyusun menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya terutama kepada:
1. Keluarga penulis yang telah banyak membantu moril juga materil;
2. Ikah Atikah, S.Pd.I. selaku Kepala MI Dayeuhdatar Desa Lumbungsari Kecamatan Lumbung;
3. Siswa Kelas 3 khususnya dan Siswa MI Dayeuhdatar Desa Lumbungsari Kecamatan Lumbung pada umumnya.
Penulis sangat menyadari bahwa Laporan Penelitian Tindakan Kelas ini sangat jauh dari sempurna, baik dari segi materi ataupun cara penyampaianya. Hal ini semata terjadi karena keterbatasan dan kekurangan penyusun. Maka dari itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak demi perbaikan kedepanya.
Akhir dari semua proses penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas ini penyusun berharap agar semua ini ada manfaatnya dan dapat dimanfaatkan oleh kita semua sebagaimana mestinya.
Lumbung, 2012
Penyusun
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR PENGESAHAN ........................................................................ i
KATA PENGANTAR ................................................................................ ii
DAFTAR ISI .............................................................................................. iii
BAB I PENDAHULUAN .................................................................. 1
1.1 Latar Belakang Masalah ............................................... 1
1.2 Rumusan Masalah ........................................................... 3
1.3 Tujuan Penelitian ............................................................. 3
1.4 Manfaat Penelitian .......................................................... 4
1.5 Batasan Masalah .............................................................. 5
BAB II KAJIAN PUSTAKA ................................................................ 6
2.1 Hakikat IPA .................................................................... 6
2.2 Proses Belajar Mengajar IPA ......................................... 7
2.3 Prestasi Belajar IPA ....................................................... 8
2.4 Metode Kontekstual .................................................... 8
2.5 Penelitian Tindakan Kelas .............................................. 10
2.6 Pengelompokan Mahluk Hidup ...................................... 11
2.6.1. Pengelompokan Hewan ....................................... 11
2.6.2. Pengelompokan Tumbuhan .................................. 14
BAB III METODE PENELITIAN ......................................................... 16
3.1. Subyek Penelitian ........................................................... 16
3.2. Rancangan Penelitian ..................................................... 16
3.2.1 Siklus Penelitian .................................................. 18
3.2.2 Pengumpulan Data ................................................ 19
3.2.3 Teknik Analisa Data ............................................. 19
3.3. Instrumen Penelitian ........................................................ 21
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ....................... 22
4.1. Analisa Data Penelitian Persiklus ................................... 22
4.2. Pembahasan .................................................................... 28
BAB V SIMPULAN DAN SARAN ..................................................... 30
5.1. Simpulan ......................................................................... 30
5.2. Saran ............................................................................... 30
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................ 31
LAMPIRAN-LAMPIRAN
PENERAPAN METODE KONTEKSTUAL
PADA SISWA KELAS 3 MI DAYEUHDATAR
DESA LUMBUNGSARI KECAMATAN LUMBUNG
YANG MENGALAMI MASALAH
MATA PELAJARAN IPA
MATERI PENGELOMPOKAN MAHLUK HIDUP
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Disusun oleh:
TATI ROHAYATI, S.Pd.I.
NIP. 19710310 200312 2 002
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
MADRASAH IBTIDAIYAH DAYEUHDATAR
DESA LUMBUNGSARI KECAMATAN LUMBUNG
TAHUN 2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar